Kolaborasi serta Inovasi Jadi Kunci Capai Target Air Minum dan Sanitasi Aman Kota Magelang

No Comments

Kolaborasi serta Inovasi menjadi kunci pencapaian target akses air minum dan sanitasi aman Kota Magelang. Hal ini mengemuka dalam focus group discussion (FGD) penyusunan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) Periode September 2024 – Oktober 2025 di Aula Mantiasih Bapperida Kota Magelang, Rabu (24/7/2024).

Kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Kota Magelang dengan USAID IUWASH Tangguh itu dihadiri perwakilan OPD meliputi: Bapperida, Dinkes, Diskominsta, DPUPR, Perumda Air Minum, DLH, BPBD, UPT PALD, Penggerak PKK Kota, GOW, dan tim USAID IUWASH Tangguh yang menjadi mitra dalam pengelolaan sektor air minum dan sanitasi aman.

“FGD ini menjadi bentuk kolaborasi pemerintah Kota Magelang dengan lembaga terkait seperti USAID IUWASH Tangguh dalam menyelaraskan dokumen RKT untuk menyelesaikan target air minum dan sanitasi aman Kota Magelang,” kata Handini Rahayu, S.T., M.Eng., Kepala Bapperida Kota Magelang.

Berdasarkan data dari http://simanis.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id/ 2023 disebut Kota Magelang memiliki capaian akses air minum layak sebesar 98,32%, dengan akses air minum jaringan perpipaan sebesar 91,26%. Selain itu, ada pula bukan jaringan perpipaan sebesar 8,74%, sedangkan capaian akses air minum aman sebesar 88,21%.

Capaian akses sanitasi layak sebesar 98,81% dan belum layak 1,19%, sedangkan capaian akses sanitasi aman adalah sebesar 14,22%.

Capaian target dan realisasi Kota Magelang pada 2023 berdasarkan terkait akses air minum dan sanitasi layak dan aman menjadi pertimbangan dalam penyusunan dokumen rencana kegiatan tahunan (RKT).

USAID IUWASH Tangguh juga melakukan penilaian terhadap Governance Index 2023 dengan skor 72,00 dari total skor 100; hasil Sanitation Index 2023 dengan skor 55,80; dan PDAM Index 2023 dengan skor 59,00 ini menjadi dasar bahan masukan yang sangat penting untuk menyusun rencana kegiatan tahunan (RKT).

Tenaga ahli SBC-GESI USAID IUWASH Tangguh, Edy Triyanto, “FGD ini memastikan kegiatan ini menjadi program bersama dan hasilnya akan dipaparkan pada workshop RKT tingkat Provinsi untuk usulan RKT periode Oktober 2024-September 2025.

More from our blog

See all posts
No Comments